Entri Populer

Sabtu, 14 Juli 2012

Kajiura Yuki [Favorite Music Composer]

Wah...mendung-mendung n gerimis kecil begini buat perasaan admin jadi galau. Mau ngapa-ngapain jadi males....akhirnya admin membuka laptop dan dengerin lagu OST Anime deh sambil mengingat masa-masa remaja dulu (#alah lebay...emangnya admin sekarang udah tua??? masih muda kaleee wkwkwkwk). Nah, abis dengerin lagu-lagu OST Anime dan buka websitenya sora9n, admin jadi terinspirasi buat nulis para komposer musik favorit admin. deh. Yup, admin adalah salah satu penggemar musik instrumental. Banyak sekali idola admin seperti Kajiura Yuki, Kitaro, Toshiro Masuda, Toshihiko Sahashi, Noriyuki Asakura, Yasunori Mitsuda, Nobuo Uematsu, dll. Dan untuk yang pertama, admin mau bahas tentang Kajiura Yuki aja...hehe.

Siapa hayooo Kajiura Yuki????? (#yg tahu angkat tangan tinggi-tinggi)
Ada yg tahu ga???? Masa para pecinta anime pada ga tahu?????
hahahahaha........*bletak* admin dijitak para Kajiuranisme nih.....

Ok, kalau gitu admin langsung aja mereviewnya daripada para Kajiuranisme marah sama admin hehehe.....

Kajiura Yuki, nama komposer yang satu ini memang namanya tidak terlalu dikenal di Indonesia jika dibandingkan dengan komposer game kelas atas seperti Nobuo Uematsu (Final Fantasy Series) dan Yasunori Asakura (e.g. Xenogears dan Chrono Cross). Walau demikian, di Jepang nama komposer ini begitu sangat dikenal oleh para pecinta game dan anime. Kajiura sudah banyak sekali menjadi komposer untuk OST Anime populer seperti Noir, hack//Sign, Aquarian Age, Pandora Hearts, Tsubasa Chronicle, dan menjadi asisten Toshihiko Sahashi dalam proyek Mobile Suit Gundam SEED dan Mobile Suit Gundam SEED Destiny (hayoo siapa yg ga bakal terpesona saat dengerin semua OST-nya Gundam apalagi yg Anna ni Issho datta no ni atau Kimi wa Boku no Niteiru???....dan dari sanalah admin jadi ngefans berat dengan musik Kajiura-san sampe-sampe admin punya hampir semua karya musiknya bahkan yg unreleased juga ckckckck.....). Selain itu, Kajiura juga menjadi komposer musik dari game Xenosaga II dan Xenosaga III.

Kajiura Yuki

Kajiura Yuki, adalah seorang komposer dan prodeser musik Jepang. Lahir pada tanggal 6 Agustus 1965 di Tokyo. Pada usia 7 tahun, ia dan keluarganya bermigrasi ke Jerman Barat untuk keperluan pekerjaan ayahnya dan mereka sekeluarga baru kembali ke Jepang ketika Kajiura mencapai usia sekolah menengah. Pertama kali Kajiura menulis lagu adalah pada saat berumur 7 tahun sebagai lagu selamat tinggal untuk neneknya. 

Kajiura memulai debutnya di dunia musik melalui band See-Saw yang terdiri dari 3 personil yaitu Chiaki Ishikawa (lead vocal), Kajiura (back-up vocal, keyboard), dan Yukiko Nishioka pada Juli 1992. Kemudian pada tahun 1995, band ini bubar karena kesibukan para anggotanya masing-masing. Pada tahun 2001, band ini kembali dibentuk oleh Chiaki dan Kajiura.

Tak lama berselang setelah See-Saw kembali berdiri, Kajiura berpartisipasi dalam proyek musik pertamanya Noir bersama dengan Koichi Mashimo. Pada tahun 2002, See-Saw kembali berpatisipasi dalam proyek Mashimo selanjutnya hack//Sign. Adapun karyar musik Kajiura sudah sangat banyak baik sebagai anime soundtrack, game soundtrack, movie soundtrack, musicals, solo album, produced album, dan compilation album.

Sampai saat ini, Kajiura-san tinggal di Tokyo sambil mengurus beberapa proyeknya solonya diantaranya Fiction Junction dan Kalafina (nah kedua proyek solonya ini juga salah satu idola admin....suara mereka bagus sekali apalagi diiringi oleh musik Kajiura.....sempurna deh ^^).

Kajiura Music Style 

Wah, kalau ngomongin tentang musik Kajiura bakalan ga ada habisnya apalagi jika dibahas bareng-bareng para Kajiuranisme. Tentunya para Kajiuranisme bakal setuju kalau admin bilang hal yang sangat menarik dari Kajiura adalah style musiknya. Musik Kajiura memang banyak bergenre Baroque pop (subgenre musik pop rock yg berasal dari United States, mungkin karena pengalaman tinggal di Jerman yah???) dan Contemporary Classical Music. Kajiura memang cenderung suka menggabungkan elemen musik klasik dan modern dengan kesan kontemporer.

Perpaduan elemen ini, memang terkadang mengagetkan...para pendengar bisa mendengar bunyi violin sebagai intro dan mendadak terdengar suara drum dan bass yang keras kemudian di tengah lagu akan ada part musik instrumental yang tetap memberi kesan klasik seperti pada lagu See-Saw - Anna ni Issho datta no ni (OST Gundam Seed).

See-Saw - Anna ni Issho datta no ni

Atau kalau mau, coba dengerin musik Pandora Hearts OST 1 yang Will. Khas banget musik Kajiura dengan suara piano yang pelan sebagai intro kemudian tiba-tiba berubah dengan suara violin dan drum yang keras. Para pendengar akan merasakan kesedihan yang seakan menyayat (ini feel yg admin dapet sih^^). Atau coba dengarkan yang Parting Song...terasa sekali aliran musik klasik Kajiura dengan piano dan violin (yg juga sedih banget rasanya klo admin dengerin T_T). Ini juga coba dengerin musik Kajiura di Tsubasa Chronicle OST yang Swordbreaker...perpaduan musik modern "Drum" dengan musik klasik "Flute"...

Selain itu, kita juga bisa mendengar nuansa etnik dari lagu komposisi Kajiura. Coba dengarkan lagu upbeat dengan sentuhan klasik dalam Honoo no Tobira di album OST Gundam SEED Destiny kemudian berlanjut ke theme Xenosaga II. Jika ingin mendengarkan style musik khas baroque pop Kajiura, coba dengarkan lagu Kimi wa Boku ni Niteiru di album Gundam SEED Destiny.

Style musik Kajiura menurut admin memang beragam misalnya  pencampuran musik gospel-klasik atau gothic dengan gibberish, bener-bener bisa membuat merinding seperti Reveal dan Mezame. Jadi, kalau mau dibahas bakalan panjang+lebar. Anyway...pokoknya coba aja dengerin lagu dan musiknya karya Kajiura-san dijamin pasti bakal jadi salah satu Kajiuranisme hehehe....

Nah, sekian dulu review admin tentang Kajiura-san. Di lain kesempatan admin bakal bahas mengenai komposer-komposer musik Jepang lain dan tentunya proyek solo Kajiura, Fiction Junction dan Kalafina ^^

Source :
http://en.wikipedia.org/ 
http://sora9n.wordpress.com/2007/04/25/siapa-yuki-kajiura/


 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar